Tips Memanaskan Mobil dengan Benar

Memanaskan Mobil dengan Sesuai Prosedur
Indikator Lampu Biru Mati

Memanaskan Mobil Sesuai Prosedur

Tujuan pemanasan mesin adalah agar pelumasan oli hingga merata terhadap mesin. Yang mana setiap mesin mobil/kendaraan bermotor sudah dilengkapi dengan oli pelumas, yang berfungsi  sebagai pelapis dinding komponen-komponen mesin yang saling bergesekan.
Bagi mobil terbitan anyar sudah dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi, mesin yang sudah modern, sudah menggunakan teknologi tinggi,  pemanasan tidak perlu berlama-lama.
Dan Pemanasan yang ideal untuk  mobil anyar adalah tergantung skala pemakaian. Kalau mobil jarang dipakai, pemanasannya harus Sampai suhu mesin panas atau jarum indikator di panel dashboard menunjukkan bahwa mesin sudah panas, dan gak perlu buka gas. Sedangkan apabila mobil yang sering dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, maka pemanasan mobil dapat dilakukan dengan cepat. satu menit-pun sudah cukup.

Sedang untuk mobil lawas, butuh waktu kurang lebih 10 menit untuk pemanasan. Karena mesin lama tingkat keausan pada komponen sudah ada sehingga oli pelumas butuh waktu lama untuk bisa menyebar ke bagian-bagian mesin.
Memanaskan mobil/kendaraan tersebut sangat berkaitan dengan life time engine (awet atau tidaknya terhadap mesin mobil/kendaraan). Dengan memanaskan mobil, maka mesin terhindar dari beban yang tiba-tiba. Dan pada akhirnya mobil bisa lebih awet, dan apabila langsung dipakai, oli pelumasnya-pun  belum tersebar merata ke seluruh bagian komponen mesin, jadinya mesin akan lebih berat menahan beban yang tiba-tiba tentunya akan lebih cepat rusak.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER