Tips Panduan Hemat BBM

Teknik Hemat BBM di Musim Hujan
BBM Jadi Irit

Teknik Hemat BBM di Musim Hujan

Seperti yang kita tahu, suhu dan tekanan merupakan faktor yang kuat dalam mempengaruhi kualitas dan kuantitas BBM, dalam hal ini BBM jenis premium. Setiap perubahan suhu 1oC akan mempengaruhi 0,12% dari volume BBM tersebut dan mempengaruhi 0,001 – 0,003 dari massa
jenisnya, dan tekanan yang kuat akan lebih mempercepat proses penguapan. Suhu dan tekanan tidak dapat dipisahkan, karena setiap kenaikan suhu akan membuat tekanan bertambah. Hal ini bisa terlihat dari jenis bahan bakar lain yang lebih ringan, misalnya gas dalam tabung, yang akan meledak jika dipanaskan.

Jika terdapat stok sebanyak 10.000 liter di dalam tangki pendam, kemudian terjadi kenaikan/penurunan suhu sebanyak 1oC maka volume BBM di dalam tangki pendam akan bertambah/berkurang sebanyak = 0,12% x 10.000 liter = 12 liter. Bertambah 12 liter jika suhu naik 1oC dikarenakan massa partikel yang menjadi lebih renggang. Berkurang 12 liter jika suhu turun 1oC dikarenakan massa partikel yang menjadi lebih rapat.
Dari dasar penjelasan diatas bisa kita simpulkan bahwa “kita akan hemat BBM kalau kita isi BBM ke SPBU di waktu-waktu ketika udara rendah atau dingin, misalnya pagi dini hari.

Musim hujan jelas bisa lebih hemat, karena BBM yang kita dapat adalah BBM yang massa partikelnya lebih rapat.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER