Tips Merawat Aki Mobil | Tips Merawat Mobil
Home » » Tips Merawat Aki Mobil

Tips Merawat Aki Mobil

Aki Tetap Bersih
Aki Tetap Bersih

Merawat Aki Mobil Yang Benar

Battery atau aki berperan sangat penting dalam mobil, sebagai sumber listrik yang menyuplai energi ke beberapa bagian komponen kelistrikan seperti lampu, klakson, AC, starter hingga system audio video. Merawat battery atau aki sangatlah penting untuk dilakukan, terutama pada mobil yang masih menggunakan aki basah.

Merawat aki bukan hal yang sulit, merawat aki adalah hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Dengan perawatan yang benar, selain kita terhindar dari masalah aki droup (tekor), juga akan memperpanjang umur aki itu sendiri yang juga berarti akan mengehemat banyak biaya. Dengan dilakukan perawatan yang baik, aki bisa bertahan hingga 3 sampai 4 tahun.
Hal-hal yang perlu dilakukan:

1. Matikan Sistem Kelistrikan
Ketika sedang memanaskan mobil, baiknya jangan Air Conditioning (AC) atau perangkat elektronik lain. Pasalnya, kondisi aki belum proses pengisian. Panaskan atau jalankan mobil sekitar 5 hingga 10 menit, agar aki bener-benar siap untuk menyuplai sistem kelistrikan.

 2. Periksa Level Cairan  Aki
Rajin-rajinlah periksa level air. Memeriksa level air aki sangat penting dilakukan jangan sampai di bawah level minimum/low level. Mengisi air pun tak boleh lebih dari upper level. Karena, pada saat aki panas, air akan tersembur keluar bersamaan dengan uap yang sangat bersifat korosit. Penambahan air aki ini menggunakan air aki murni bukan air aki zuur.

 3. Perhatikan Kebersihan
Perhatikan kebersihan permukaan aki pada kutub  negatif dan positif. Saat terminal aki kotor, arus listrik tidak bisa mengalir sempurna yang mengakibatkan pasokan listrik kurang. Selain itu lambat laun akan merusak terminal. Jika terlihat kerak berwarna kehijauan dan juga kotoran pada terminal aki, segera bersihkan. Cara membersihkannya bisa dengan menggunakan air panas secukupnya kemudian menyikatnya dengan sikat kawat. Setelah dibersihkan, kencangkan baut klem aki.

4. Pengecekan Daya Aki
Untuk mengecek apakah aki dalam kondisi yang sehat atau tidak,  maka kita membutuhkan bantuan dari bengkel mobil atau spesialis aki. Hal ini dilakukan guna memeriksa apakah aki mobil masih bisa manghasilkan daya listrik sesuai spesifikasinya, serta bekerja dengan baik. Aki yang kekurangan daya akan mempengaruhi sistem kelistrikan mobil secara keseluruhan.

5. Cek Kebocoran Aki
Periksa apakah terjadi kebocoran pada aki. Hal ini  bisa terjadi pada badan aki maupun penutupnya.  Jika terjadi kebocoran dan tidak segera diatasi maka bisa merusak bodi atau komponen kendaraan karena sifat cairan aki yang korosif. Kebocoran pada badan aki harus segera ganti dengan aki baru sedangkan jika terjadi hanya pada tutup saja, bisa dikencangkan atau diganti tutup aki yang baru.

6. Pemasangan Aki
Ketika hendak membuka aki, dahulukanlah melepas pengait pada kutub negatif, kemudian barulah lepas pengait positif. Sebaliknya saat memasang, dahulukan kutub positif baru negatif. Tujuannya supaya tidak terjadi korsleting dengan body mobil.
Thanks for reading Tips Merawat Aki Mobil

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

Post a Comment

SmitDev Community