Subscribe in a reader Tips Panduan Merawat Mobil Agar Awet ~ Tips Merawat Mobil

Tips Panduan Merawat Mobil Agar Awet


Check Kondisi Mesin
Check Kondisi Mesin

Perawatan Mobil Agar Selalu Sehat

Mempunyai mobil yang sehat dan berumur panjang jadi idaman setiap orang, untuk bisa seperti itu, tentu saja harus disiplin dalam melakukan pengecekan dan perawatan.

Pengalaman yang terjadi tidak sedikit dari insiden kecelakaan diakibatkan karena masalah pada komponen kendaraan. Entah itu sudah aus atau menyalahi standar pabrikan.
4 kunci yang membuat mobil dalam kondisi sehat prima dan berumur panjang.

1.   Jadwal perawatan mobil berkala harus kita patuhi yang sudah dijelaskan dalam buku panduan. Perawatan mobil tergantung pada waktu pemakaian dan jarak tempuh yang telah dicapai. Service berkala rata-rata per 10.000 km atau enam bulan dengan mengacu mana yang lebih dahulu dicapai.  Khusus pergantian oli, jika kendaraan sering melewati jalur yang macet maka pergantian oli mesin bisa dilakukan lebih cepat, dengan alasan saat mobil terkena macet, kilometer tidak jalan namun mesin tetap bekerja secara terus menerus.
2.    Lakukan pengecekan pada emisi gas buang, sistem rem, kopling, service mesin, tekanan angin ban serta spooring-balancing. Jangan terlewat juga, cek saringan udara, busi, oli dan saringan oli, ban, kopling, kampas rem, karetwiper, serta bohlam lampu. Bila ada yang rusak atau sudah tak berfungsi maksimal segera diganti.
3.  Lakukan service mobil di  bengkel resmi yang masuk dalam jaringan agen pemegang merek (APM). Ini untuk menjamin keaslian serta kualitas suku cadang sesuai standar pabrikan.
4.    Pastikan menggunakan suku cadang asli. Jangan hanya karena mengutamakan harga lebih murah, Anda lebih memilih suku cadang palsu yang kualitasnya tidak terjamin. Risiko menggunakan suku cadang palsu sangat beragam, mulai dari performa mobil yang tidak maksimal sampai dengan faktor keselamatan yang tidak terfikirkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment