Tips Merawat AC Mobil Agar Tetap Awet

Pentingnya Perawatan AC Mobil
Check Exstra Fan

Pentingnya Perawatan AC Mobil

AC (Air Conditioner) di mobil merupakan perangkat pendingin yang menjadi salah satu komponen yang sangat penting buat kenyamanan berkendara. Meskipun dapat dikatakan keberadaan AC tidak mempengaruhi peforma atau fungsi utama mobil Pentingnya AC tersebut dapat kita lihat bahwa hampir semua mobil keluaran sekarang pasti menggunakan perangkat ini. Sebagai salah satu sistem yang berada di dalam mobil, maka AC juga memerlukan perhatian khusus agar kondisi AC mobil tetap sehat dan tetap maksimal. Sering kali masih banyak pemilik mobil tidak memperhatikan bagaimana cara merawat AC yang benar sehingga beberapa masalah sering muncul dan mengganggu fungsi dari AC itu sendiri.
Misalnya saja saat evaporator pada rangkaian Sistem AC Kotor, maka proses kondensasi tidak akan berjalan dengan sempurna dan alhasil AC Mobil tidak dapat berfungsi maksimal. Ada beberapa masalah klasik yang sering terjadi pada AC mobil yang disebabkan karena perawatan yang kurang seperti hembusan anginya kurang, keluarkan bau tak sedap dan lain sebagainya.
Dibawah ini beberapa jurus untuk menjaga AC mobil anda agar selalu sehat dan berfungsi dengan maksimal, yaitu:
1.     Bersihkan kondensor secara teratur dengan cara menyemprotkan air pada saat anda mencuci               mobil.
2.     Selalu pastikan kabin mobil anda dalam keadaan bersih. Kabin mobil yang kotor dan berdebu             akan mengotori return AC dan evaporator dalam kabin dan menyebabkan AC kurang dingin               serta mengeluarkan bau tak sedap.
3.     Gunakanlah filter kabin sebagai filter penyaring untuk mencegah debu dan kotoran terhisap ke           dalam evaporator.
4.     Periksa filter kabin secara teratur. Anda dapat melakukannya saat service rutin dan mintalah               mekanik untuk membersihkannya. Atau anda dapat mengganti filter kabin jika masa pakainya             telah berakhir.
5.     Jika AC mobil anda menggunakan exstra fan kondensor, selalu periksa putaran exstra fan                     tersebut.
6.     Saat anda berkendara, usahakan untuk tidak terlalu sering membuka jendela karena dapat                     menyebabkan debu dan kotoran masuk ke dalam kabin.
7.     Usahakan pula untuk tidak merokok di dalam mobil saat menyalakan AC. Asap rokok tersebut           dapat terhisap ke dalam evaporator dan dapat mengganggu kinerja dari evaporator tersebut.
8.     Jika ingin menggunakan pengharum ruangan, gunakanlah pengharun yang khusus di buat untuk         mobil sehingga tidak mengganggu kinerja AC.
9.     Selalu perhatikan Rpm mobil anda saat AC dihidupkan karena putaran yang kurang akan                     mempengaruhi kinerja AC mobil anda.
10.   Lakukan pengecekan secara berkala, selain untuk membersihkan beberapa bagian seperti                     evaporator dan filter kabin, juga tekanan gas refrigerant, pengecekan ini juga berfungsi untuk             mengetahui kerusakan yang terjadi pada AC sejak dini. Dengan begitu kerusakan tersebut dapat         dengan cepat diperbaiki sehingga tidak mengganggu kinerja komponen lainnya.





SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER