Tips Penggunaan Oli Pelumas Yang Tepat

Kendaraan Sekarang Oli Pelumas Lebih Encer
Kendaraan Sekarang Oli Pelumas Lebih Encer
Macam SAE Pelumas

Teknologi semakin pesat, tidak ketinggalan teknologi otomotif kendaraan, Teknologi kendaraan saat
ini dikembangkan untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Untuk itu, dibuatlah mesin dengan  gaya gesekan yang rendah.teknologi sekarang sangat dihandalkan tingkat presisinya. Misal jarang antar komponen mesin lebih rapat di banding jaman dulu, Sehingga kita butuh oli pelumas yang makin encer yang bisa masuk celah-celah tersempit.

Kendaraan bermotor yang diproduksi akhir-akhir ini direkomendasikan menggunakan pelumas yang lebih encer.Karena mesin kendaraan bermotor saat ini diproduksi dengan kepresisian yang tinggi. Oli yang kental tidak bisa masuk ke celah-celah yang sempit sehingga tidak efektif, efeknya jadi cepat panas, cepat rusak.

Teknologi  berkembang  karena ada kebutuhan, Olo makin encer, makin tahan lama, tahan panas, karena mesin makin lama makin kecil, sehingga pelumasnya harus lebih tahan panas. Bahan-bahan base oil yang digunakan kualitasnya harus semakin lebih baik, semakin lebih tahan lama,

Meski begitu, tak semua mobil harus menggunakan oli yang lebih encer, Sebaiknya untuk  mobil-mobil yang sudah lama disarankan pakai yang lebih kental, misalnya SAE 20W-50, 20W-40. Mobil baru dari 2009 sudah memakai 5w-30. Namun belum tentu semua akan  cocok, contoh MAZDA ASTINA tahun 90an, justru cocok dengan SAE 15W-40W, karena komponen mesin didesain membutuhkan anti-zinc, sedang di pelumas-pelumas baru kadarnya lebih rendah karena ada katalis di gas buang.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER