Tips Memilih Oli Pelumas Kendaraan

Pilih Oli Pelumas Kendaraan
Pilih Oli Pelumas Kendaraan
Flastron Gold

Tips Mobil - Banyak yang menawarkan produk oli pelumas dengan kualitas dan jenis berbeda-beda.
Bisa jadi ungkin Anda akan bingung memilih pelumas yang baik untuk kendaraan.

Untuk menentukan jenis pelumas yang dibutuhkan kendaraan, cek buku manual atau buku pedoman pemilik kendaraan. Ada dua kategori yang menjadi patokan pemilihan oli yaitu tingkat kekentalan atau SAE dan level performanya biasa ditulis API Service. Di buku manual biasanya ada silakan gunakan pelumas dengan SAE dan API Service .

Untuk tingkat kekentalan pelumas yang dibutuhkan, acuannya adalah temperatur lingkungan. Produsen kendaraan merekomendasikan pelumas dengan kekentalan yang tepat sesuai suhu lingkungan, untuk di Indonesia temperatur di 32 derajat celcius, oleh manufaktur disarankan bisa dipilih SAE 10-50, 5w-40.

Tips Mobil - Untuk memilih pelumas bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan pemilik kendaraan, karena oli pelumas yang bagus harganya juga mahal.

API Service artinya kualitas atau segi mutu dari oli pelumas tersebut dan untuk API Service ini juga ada tingkatan-tingkatannya. API Service untuk pelumas mesin diesel sejak pertama kali dilahirkan pada 1930-an ditulis dengan kode S yang diikuti huruf abjad berurutan dari A. Untuk pelumas mesin bensin saat ini ada API Service dari SJ, SL, SM, dan SN. Abjad yang semakin mendekati huruf Z maka kualitasnya semakin tinggi.

Harga SAE 5W-30 lebih mahal dari pada SAE 10W-30. Atau makin encer makin mahal. Itu viskositas. Tapi untuk mobil-mobil yang sudah lama disarankan pakai yang lebih kental, 20W-50, 20W-40.

Selanjutnya lihat ada ILSAC atau tidak. ILSAC itu standard yang dikeluarkan oleh pabrikan Jepang dan Amerika Serikat. Mereka buat standar ILSAC untuk hemat atau tidak bahan bakarnya, kemudian ada standar JSO atau Asia, standar Euro atau ada standar dari OEM atau tidak dari pabrikan.

Tips Mobil - Kalau kondisi keuangan anda baik pilihlah yang lengkap, Fastron Gold atau yang lain.

BACA JUGA DISINI





SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER