Tips Merawat Van-Belt Mobil

Pentingnya Perawatan Van-Belt Mobil

Van Belt Pecah
Tips Mobil - Tidak hanya mobil tahun lama saja yang butuh perawatan, mobil tahun barupun juga perlu perawatan.

Komponen satu ini terbuat dari campuran karet imitasi dan tali baja yang berfungsi untuk memutar berbagai komponen mesin, mulai dari pompa oli hingga alternator juga AC. Tanpa adanya van belt ini mobil dipastikan tidak bisa jalan.

Seperti  komponen mobil lainya, van belt juga memiliki umur pemakaian, karena posisinya yang berada di tempat terbuka, komponen ini kerap kali mudah terkena  kotoran, air hujan yang masuk melalui bagian bawah mesin.

Salah satu tanda mulai menurunnya kemampuan van belt adalah timbulnya bunyi berdecit yang nyaring. Bunyi ini muncul akibat karet tidak bisa memutar pulley dengan sempurna, sehingga menimbulkan selip. Selip inilah yang menjadi sumber suara tersebut, Selain selip, keringnya pulley juga bisa menimbulkan suara yang cukup mengganggu. Pulley menjadi kering, karena terkikis oleh kotoran, sehingga tidak lagi presisi.

Tips Mobil - memberi beberapa cara mudah untuk merawat van belt dan menghilangkan bunyi berdecitnya.

Pertama adalah dengan melapisi van belt, dengan cairan khusus yang dapat dibeli di toko aksesori mobil. Cairan yang dikemas dalam bentuk aerosol ini disemprotkan ke sisi dalam van belt saat mesin hidup. Namun, cairan hanya boleh disemprotkan secukupnya saja, karena jika berlebihan, ruang mesin akan menjadi kotor.

Kedua apa bila tidak memiliki waktu untuk mengunjungi toko aksesori, Anda dapat menggunakan lilin. Tempelkan lilin di sisi dalam van belt dengan hati-hati.

Ketiga apabila tidak ada lilin, cukup memakai paslin/gemuk (grease), oleskan paslin/gemuk menggunakan kuas ke sisi dalam van belt, namun jangan terlalu banyak, karena bisa membuat van belt selip.

Tips Mobil - apabila kondisi van belt sudah pecah pecah sebaiknya segera di ganti sebelum putus di jalan.

Demikian pemaparan tips merawat van belt mobil, semoga bermanfaat.




Previous
Next Post »

3 komentar

Click here for komentar
Wawan Agusti
admin
8 October 2017 at 17:01 ×

Ane gak punya mobil tapi pengen punya, doain ya

Reply
avatar
Candra Junie
admin
20 October 2017 at 08:51 ×

Memang kalau vanbalt udah hampir 15000km rasanya udah lain saja di mesin

Reply
avatar
Zones Pedia
admin
19 November 2017 at 14:54 ×

wah, jadi seperti itu ya merawat van belt mobil :) thanks info nya gan

Reply
avatar
Thanks for your comment