Tips Merawat Mobil di Musim Hujan

Tips Merawat Mobil - Musim hujan mulai datang lagi, bagi pemakai mobil harian tentunya harus exstra merawatnya, kalau tidak bisa bisa dapat mogok ataupun mobil sangat mudah kotor hampir tiap hari turun hujan dan hampir tiap hari pula mobil kena hujan.

Air hujan mengandung garam yang dapat merusak permukaan cat mobil, maupun pada bagian bawah mobil apa bila didiamkan terlalu lama dapat membuat permukaan mobil kusam dan berkarat. Semua itu masih bisa kita mencegahnya, berikut tips merawat mobil di saat musim hujan:

Pertama, Sehabis terguyur hujan sebaiknya segera mobil di cuci dengan air sumur atau air PDAM, jangan menunggu air di permukaan mobil kering baru dicuci. Lebih bagus lagi dengan menggunakan sabun mobil berbusa dan spon halus saat pencucian mobil.

Kedua, Lapisi lantai mobil dengan koran agar saat hujan, sehingga kita masuk mobil tidak membasahi lantai. Ini akan membantu mencegah tumbuhnya jamur di dalam mobil.

Ketiga, Pergunakan Silicone Spray secara berkala pada komponen mobil yang terbuat dari karet dan kaca, hal ini untuk menjaga kelenturan dan memperkuatnya.

Ke empat, Gunakan Contact Cleaner dalam proses perawatan mobil dan gunakan ini pada bagian mobil yang menggunakan sistem elektrik untuk mengantisipasi masuknya air hujan.

Kelima, Semprotkan grees pada engsel pintu, untuk mencegah terjadinya karat.
Ke enam, Lakukan pengecekan pada bagian saringan, pipa/selang, tangki BBM untuk memastikan tidak ada kebocoran atau lubang yang menjadi jalan masuk bagi air agar BBM tidak tercampur dengan air.

Ketuju, Lakukan pengecekan pada bagian penutup sistem elektrik dan pastikan air tidak bisa, karena akibat air masuk akan bisa menimbulkan hubungan pendek pada instalasi listrik mobil.

Kedelapan, Parkir mobil di bagasi atau tempat parkir tertutup (mobil sudah harus dalam keadaan kering).



Baca Juga: Menghilangkan noda aspal pada cat

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER