Suzuki Diesel Hybrid Super Irit

Cukup Handal dengan Menggunakan Ertiga Hybrid

Image Optimation Tips
Ertga Hybrid
Test Drive Suzuki Ertiga Mesin Diesel (Ertiga Hybrid) sudah dilakukan gunan pembuktian bagaimana konsumsi bahan bakar dari mesin diesel Ertiga. Test Drive tersebut dilaksanakan setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan secara resmi Ertiga Diesel Hybrid di pasar Indonesia pada  Selasa 7 Februari 2017.

Dengan menempuh kurang lebih 75 kilometer dengan hasil teririt mampu menembus 31,14 km/ltr dengan kondisi AC dimatikan, rpm di jaga di bawah 1.500 rpm, dengan kecepatan konstan mobil mampu melaju 70-80 km/jam, di awal start kondisi jalan sedang sibuk / ramai, dan ada juga yang menembus 31,09 km/ ltr. Test 

Drive ini dilaksanakan dengan jumlah 15 unit Ertiga Mesin Diesel Hybrid disiapkan dengan rute perjalanan Kawasan SCBD-Bukit Pelangi-R Hotel Rancamaya (Bogor). Angka ini mampu melampaui tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT pada Januari 2017. Ketika itu, jumlah konsumsi bahan bakar New Ertiga Diesel Hybrid mencapai 22,6 Km/Liter. 

Mesin mobil ini secara automatis akan berhenti saat jalanan macet dan kaki kanan menginjak pedal rem. Tentu saja di situasi ini, tuas transmisi manual berada pada posisi netral. Saat ingin berjalan, cukup lepas pedal rem, mesin mobil kembali menyala.

Head of Product Development & Accessories Suzuki Indomobil Sales (SIS) Harold Donnel mengatakan fitur Idle Start/Stop Engine merupakan salah satu fitur unggulan Ertiga Diesel Hybrid yang berfungsi untuk menekan konsumsi BBM. "Konsumsi bahan bakar otomatis juga bisa ditekan," katanya. 

Fitur Idel Start/Stop engine adalah fitur yang merupakan bagian dari sistem SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki). Sistem ini dilengkapi dengan start stop engine, sehingga mesin akan mati saat mobil sedang berhenti. Misalnya, terjebak macet atau kondisi jalanan stop and go. 
Ketika  Idle Start/Stop Engine bekerja, sistem kelistrikan akan terus menyala karena dukungan teknologi Integrated Starter Generator (ISG) sehingga lampu, AC, dan audio, dan perangkat yang membutuhkan listrik tetap menyala.

Kemampuan mesin Diesel berkode D13A dengan kapasitas mesin 1300cc DOHC serta di tambah dengan teknologi DDiS (Diesel Direct Injection System) pantas  diacungi jempol. Mesin ini memiliki torsi berlimpah sejak di putara bawah sehingga membuat akselerasi Ertiga Diesel Hybrid sangat responsif meski di jalanan menanjak. Mesin diesel ini sanggup mengeluarkan power hingga 89 PS pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm pada 1.750 rpm. 


Menurut Harold, Ertiga Diesel Hybrid memang dilengkapi sistem Hybrid terbaru yang dikembangkan Suzuki. Meski sistem ini untuk menambah tingkat effisien dalam penggunaan bahan bakar. Tapi tidak membuat tenaga Ertiga Diesel Hybrid berkurang. 

Teknologi ISG misalnya, saat berkendara secara normal, mesin diesel akan bekerja sekaligus mengisi battery yang dibantu oleh teknologi Integrated Starter Generator (ISG). Teknologi ini memiliki dua fungsi berbeda. Pertama sebagai generator untuk menangkap dan menyimpan energi ke battery saat kendaraan dalam fase deselerasi (perlambatan) dan kedua sebagai motor yang akan memberikan tambahan daya ke mesin saat akselerasi.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER