Subscribe in a reader Tips Kampas Kopling Mobil Mau Habis ~ Tips Merawat Mobil

Tips Kampas Kopling Mobil Mau Habis

Kenali Brtul Kampas Kopling Mobil Akan Habis


Fungsi dari kampas kopling adalah sebagai penghubung tenaga mesin ke transmisi dan memutar roda sehingga kendaraan dapat berjalan. Komponen kampas kopling ini sangat penting, apa bila sampai lapisan kampasnya habis mobil tidak mampu bergerak atau berjalan. Semua komponen dalam mobil mempunyai life time / jangka waktu atau masa pakai tertentu. Khususnya komponen fast moving di mesin seperti kampas kopling atau disebut 'clutch pad'.  
Kenali kampas kopling mau habis

Kampas kopling bisa rusak karena masa pakai dan cara pemakaian. Biasanya akibat sering menggantung pedal kopling dalam waktu lama. Terutama saat tanjakan. Selain itu bisa karena beban muatan yang banyak dan berat sehingga kopling kerja lebih berat.

Bisa dikenali tanda-tanda kampas kopling akan habis, misal tarikan tiba-tiba berubah ketika mau jalan, terasa mobil tidak bisa lari atau jalan pada hal kopling sudah dilepas, buruk-buruknya kalau kampas kopling sudah benar-benar habis mobil tidak bisa jalan sama sekali, karena kampas yg habis yang terjadi adalah 'selip'. 


Untuk mobil matic hal yang harus diperhatikan adalah ketika perwatan transmisi otomatis adalah soal penggantian oli secara teratur. Selain itu juga penggunaan oli transmisi yang sesuai rekomendasi pabrikan.
Ganti oli sesuai jarak tempuh kilometer. Jangan sampai menggunakan oli sembarangan yang bukan speknya. Gunakan merek dan jenis oli transmisi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Menggunakan oli secara sembarang bisa berakibat fatal. Kampas kopling otomatis bisa gosong dan tidak bisa jalan.


Penting untuk segera mengganti komponen yang telah rusak atau yang sudah lewat masa pakai. Selain itu, servis berkala dan konsultasi ke bengkel langganan Anda.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment