Tips Merawat Mobil Bekas Agar Awet

Merawat Mobil Bekas Dengan Benar

Bekas masih ok
Honda Accord 90an
Pertama yang harus di siapkan sebelum membeli mobil bekas adalah keuangan, gambarannya begini: ‘kalau kita mau beli mobil yang harga 50 juta, paling tidak kita harus siapkan uang 53 juta, karena tidak mungkin kita beli mobil bekas tanpa perbaikan.

Kedua kita focus ke pilihan merk, setidaknya harus ada alternatif kalau merk idaman tidak sesuai harapan dan jangan buru – buru dapat, paling tidak butuh waktu 1 bulan, agar mobil yang kita dapat sesuai harapan.

Ketiga yang perlu diwaspadai adalah kondisi mobil, jangan sampai kita dapat mobil bekas kebanjiran, akan betul-betul sangat menyusahkan bagi kita, mulai dari mesin yang kebanjiran, kelistrikan, kita bisa bayangkan bagaimana jika komponen-komponen kelistrikan kemudian terendam banjir, belum lagi interior,  selang-selang, tangki, dll.

Setelah mobil dibeli tentunya kita memikirkan bagaimana caranya merawat mobil bekas dengan baik dan awet, merawat mobil bekas dari berbagai kerusakan sangat penting, karena apa bila terlanjur rusak maka hubungannya selalu dengan keuangan, bahkan kita harus mengeluarkan banyak uang untuk perbaikan.

Berikut tips merawat mobil bekas agar awet, tentunya mobil yang baru kita beli:

1. Pastikan kondisi kaki-kaki mobil kondisi baik (ban, shock breaker, tie root, ball joint, arm steer, ketebalan kampas rem juga seal-sealnya ).

2. Pastikan penggantian oli terjaga secara berkala, karena oli berperan penting dalam mesin, dengan oli yang sudah usang atau jumlah terlalu sedikit maka akan terjadi keausan yang lebih, yang dapat membuat komponen mesin tertentu cepat rusak atau aus, oleh karena itu, penggantian oli mesin mobil harus dilakukan secara berkala berdasarkan kebutuhan mesin mobil dan jarak tempuh kendaraan, dan gantilah filter dengan perbandingan 2 kali ganti olie 1 kali ganti filter.

3. Pastikan Radiator kondisi baik, karena radiator berfungsi sebagai pendingin suhu pada mesin mobil, dalam skala pemakaian, air radiator perlu diganti, dan periksa kebocoran pada radiator, dan pastikan extra fan tidak double, masih standard (fan radiator dan fan AC) serta apabila terjadi kebocoran segera atasi kebocoran tersebut.

4. Pastikan Timing belt kondisi baik, timing belt yang berfungsi untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang terhubung ke bagian internal mesin. Life time  timing belt di tentukan oleh jarak tempuh setiap 40.000 km. 

5. Pastikan pembakaran pada ruang bakar mendekati sempurna, syukur-syukur bisa sempurna, lakukan Tune-up, pastikan kondisi busi, filter udara kondisi baik.

7. Pastikan kondisi AC berfungsi dengan baik, bawa ke bengkel AC mobil yang dipercaya.

8. Rawat cat mobil bekas dengan baik, usahakan seminim mungkin jauh  dari terik matahari, hujan dan bebas dari air laut.


Baca Juga: 

                   


Tips Panduan Merawat Mobil                 

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER