Subscribe in a reader Tips Merawat Mobil Mesin Diesel ~ Tips Merawat Mobil

Tips Merawat Mobil Mesin Diesel

Tips Merawat Mobil - Dengan kemajuan teknologi sekarang ini para produsen mobil berlomba-lomba menciptakan beragam variasi dan model mobil mesin diesel sesuai dengan kebutuhan di pasar dengan harga yang bervariasi dan terjangkau. 

Mobil mesin diesel mempunyai karakter yang handal, mempunyai kelebihan torsi yang lebih besar terutama pada putaran bawah, torsi yang besar akan memberikan keuntungan saat melewati medan yang menanjak dan membawa beban berat selain itu juga mempunyai kelebihan yang lain, yaitu sangat efisien karena bahan bakarnya adalah minyak solar yang di Indonesia harga BBM jenis solar lebih murah di banding BBM jenis premium / bensin, selain itu mobil mesin diesel ini pemakai tidak direpotkan merawat busi, karena mesin diesel tidak ada yang memakai busi.

Perawatan mobil diesel ini tentunya harus di lakukan dengan kontinyu agar performa mobil tetap terjaga, tetap nyaman di kendarai dan mobil menjadi awet.

Berikut ini Tips merawat mobil diesel:

Pertama, Selalu panasi mesin mobil diesel kurang lebih 5 menit, ini berfungsi untuk memberikan pelumasan pada seluruh komponen mesin sebelum mobil di jalankan, hal ini juga berfungsi untuk menghindari hentakan komponen mesin yang saling bergesekan.

Kedua, Gunakan BBM solar yang berkualitas baik meskipun harganya sedikit mahal (Solardex)

Ketiga, Ketika dilakukan penggantian oli, gunakan selalu oli mesin yang sesuai dengan spesifikasinya pabrikan mobil diesel, lakukan penggantial filter oli secara berkala (2 kali ganti oli 1 kali ganti filter).

Keempat, Hindari memakai mobil isi tanki solar pada batas minim, hal ini akan menyebabkan kerja berat pada pompa BBM dan dalam kondisi batas minim endapan pada tanki akan mudah masuk ke pompa BBM, filter solar yang mana akan berakibat kotor pada pipa saluran BBM serta cepat kotor pada ruang bakar mesin.

Kelima, Biasakan sehabis memakai mobil jangan langsung dimatikan mesinnya, tunggu beberapa saat (1 atau 2 menit), hal ini bertujuan untuk mendinginkan komponen mesin diesel dengan proses bertahap.

Keenam, Apa bila suatu ketika ada penggantian spare part mesin, gantilah  s'part yang asli yang direkomendasikan pabrik, hindari penggantian spare part yang jenis KW.

Ketujuh, Pilihlah bengkel mobil yang terpercaya, atau lebih amannya ke bengkel resmi mobil diesel.

Dengan melakukan tips merawat mobil mesin diesel, mobil akan terjaga performanya bisa maksimal dan tentunya terhindar dari kerusakan.



Baca juga: Ertiga Mesin Diesel Hybrid
Previous
Next Post »
Thanks for your comment