LED Juga Ada Kelemahannya

Kelemahan dan Kelebihan LED


Jenis T7
Perkembangan tegnologi LED (Light-Emitting Diode) sangat pesat tidak hanya lampu audio ataupun
lampu rumah tangga saja, sekarang kendaraan  pun sudah mengalami perkembangan dan menggunakan lampu jenis ini.Tak sedikit mobil yang telah memanfaatkan lampu LED.
Kelebihannya, lampu jenis ini menjanjikan sinar yang lebih terang dan konsumsi listrik yang rendah.
Selain itu, lampu LED juga diklaim punya lifetime yang lebih lama disbanding lampu halogen biasa. Meskipun belum ada yang dapat memberikan kepastian dapat tahan betapa lama lampu tersebut.
Sebagai perbandingan, lampu halogen diklaim bisa bertahan hidup hingga 1.000 jam. Sementara HID bisa lebih dari itu, 2.000 jam. Semuanya untuk pemakaian normal.Diketahui, LED mengeluarkan sinar berwarna putih. warna ini terlihat memberi penerangan yang baik dalam jarak tertentu. Namun di balik itu sebenarnya sinar putih lebih menyilaukan mata ketimbang sinar yang berwarna kekuningan.
Selama sinar dipancarkan pada arah yang tepat, tidak akan masalah, Tapi masalahnya mobil pada jenis SUV dan MPV terkadang ketinggian lampu yang kurang optimal. Kondisi ini (membuat pemilik kendaraan) akan mengarahkan sinar lampu utama ke atas.
Bila ini terjadi, otomatis arah lampu akan menggangu pandangan pengendara di depannya. Makanya fitur auto leveling akan berguna dalam kondisi seperti ini.
Lampu  LED pun punya kelemahan lain, khususnya ketika masa penggunaannya sudah habis. Meski hanya satu lampu yang mati, misal dalam rangkaian daytime running lights, kita tak bisa mengganti satu unit LED saja, harus ganti satu modul (rangkaian), tidak bisa satu unit saja, hal ini yang membuat LED masih mahal.

Lampu LED (Light Emitting Diode), sudah lama ada dan 2 tahun terakhir mulai marak di gunakan juga pada  lampu Halogen mobil maupun motor. Lampu LED ini sangat hemat energi karena lampu LED memiliki satuan daya yang lebih kecil dibandingkan jenis lampu pijar maupun HID maupun Halogen,  Sehingga tidak terlalu menyedot daya battery terlalu banayak. Meskipun lampu LED ini lebih irit, harus ada yang diperhatikan sebelum lampu LED dipasang, yaitu:

Sebelum memasang LED ini, pastikan kelistrikannya benar-benar stabil enggak ada kerusakan, karena jika kelistrikan pada mobil tidak benar atau tidak stabil, lampu LED yang dipasang pada mobil, bisa langsung rusak ataupun tidak awet.

Umur lampu LED yaitu sampai ke 42 ribu jam kalau LED yang bagus dan arus listriknya harus stabil LED. Satuan daya lampu LED (Light Emitting Diode) adalah paling rendah, sehingga lebih efisien dibanding lampu halogen dan High Intensity Discharge (HID). Namun penyakit tidak awet juga bisa menggerogoti LED, untuk menanggulangi hal tersebut perlu ditambahkan relay set, pilihlah relay set yang tanpa kotak atau box.

Head Lamp Hardglass Lebih Handal
Hujan dan panas yang bergantian seperti sekarang masuk di musim pancaroba, sangat  berpengaruh
kepada keawetan head lamp (bohlam) mobil. Sekarang bohlam biasa banyak yang pecah bagian pucuknya (black hole),

Namun bohlam hardglass tidak terpengaruh oleh musim pancaroba. Tidak hanya tahan percikan air hujan ala musim pancaroba, bahkan kebal dicelupkan ke air. Itu karena pada bohlam hardglass bagian kacanya sudah diperkuat dengan baik alhasil tahan akan beberapa kondisi ekstrem. Misalnya saat bohlam menyala lantas ada percikan air dari depan ketika mobil melaju. Maka percikan itu tidak akan mengganggu kondisi permukaan bohlam hardglass.
Secara teknis area reflektor ini bisa mencapai 200 derajat Celcius, karena saat panas diseputaran bohlam hingga area headlamp cukup tinggi.
Teknologi ini tidak mahal. Beberapa merek seperti Neolux sudah dilengkapi hardglass sehingga bohlam lebih awet. Mulai H1, H3, H4, H7, HB3 hingga HB4 Hanya seharga Rp 25 ribu-Rp 70 ribu.

Agar Bohlam Tidak Mudah Putus
Penyebab bohlam putus ini akibat filamen halogen kalah. Secara tak sadar, panas yang terus menerus
pada headlamp, hujan dan panas hingga getaran akibat jalan jelek bikin bohlam cepat putus.

Paling rentan misalnya, paska perjalan liburan yang lebih dari 3 jam menyalakan headlamp. Bohlam headlamp mobil putus di tengah jalan salah satu cobaan paling sering dialami pecinta otomotif.
Umur  bohlam ditentukan oleh tim engineering pabrikan. Dengan diriset untuk 4.000 hingga 5.000 jam pemakaian, Artinya umur bohlam terkait dengan lama pemakaian, seperti jika dalam sehari aktif 4 jam. Maka bohlam bisa tahan hingga 1.000 hari atau 3 tahun.
Itu hanya bicara kondisi ideal,layaknya dalam riset di pabrik. Dalam keseharian kerap bohlam putus lebih cepat. Cuaca buruk yang berganti seperti hujan, panas. Lalu getaran di jalan saat bohlam hidup. Bahkan tegangan listrik yang tidak stabil bisa mengakibatkan filamen putus.
Tak ada salahnya memasukan bohlam ke dalam boks sparepart cadangan di mobil. Apalagi harganya terjangkau, seperti Neolux, Osram dll, yang bermacam tipe mulai H1, H3, H4, H7, HB3

Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
16 October 2017 at 16:32 ×

Wah baru tahu ane ternya ada kelemahan led sebagai lampu yang paling terang

Reply
avatar
zuni azma
admin
4 November 2017 at 15:14 ×

masing masing ada kelebihan dan kekurangannya

Reply
avatar
Thanks for your comment