Tips Merawat Mobil Avanza

Merawat Mobil Avanza Dengan Mudah

Avanza 2015
Avanza memiliki arti ‘kemajuan’, dari kata Avanzato yaitu bahasa Italia yang mempunyai arti ‘peningkatan’. Harapan dari mobil bermerk TOYOTA ini adalah dengan Avanza TOYOTA akan selangkah lebih maju dibanding merk mobil lain, alhasil mobil ini laku keras di pasar Indonesia.
Karena laku keras dipasaran, Avanza sering di sebut mobil terkencang di negeri ini, mobil Avanza  habis disalip berkali kali masih aja ada Avanza didepan ada lagi. Selain sebutan itu masih ada lagi sebutan yang lain yaitu mobil sejuta umat dengan jumlah lebih dari satu juta, semua kalangan masyarakat di negeri ini memiliki mobil ini.

Seperti diketahui Toyota Avanza adalah mobil yang diproduksi di Indonesia oleh pabrikan Daihatsu. Dipasarkan dalam dua merk yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.
Avanza diluncurkan pertama kalinya di Indonesia, bahkan dunia pada 2003, hingga kini populasi Avanza mencapai 1.308.183 unit. Jadi kalau Avanza disebut sebagai mobil sejuta umat, yup itu memang fakta. Perawatan yang gampang menjadi salah satu faktor bagi masyarakat menjadi berminat untuk membeli mobil bermerk TOYOTA. Meskipun tergolong mudah, tapi juga kita tidak boleh menyepelekannya. Ingat mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Selama perkembangannya mobil yang biasa disebut mobil sejuta umat ini telah mengalami penyegaran mulai dari Eksterior, Interior maupun mesin. Dari perkembangan penyegaran yang dilakukan tak membuat perlakuan perawatan mobil ini berbeda.
Penulis juga memiliki mobil ini, karakter mobil ini lincah dan mudah perawatannya, di bawah ini beberapa tips merawat mobil Avanza agar awet dan tetap nyaman dipakai.

Hal  penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa Avanza:

# Biasanya TOYOTA Avanza yang sudah berumur lebih dari 5 tahun, sering mengalami akselerasi terhalang disebabkan mesin tersendat saat pedal gas di injak, hal ini  biasanya kareka injektor bahan bakar kotor, kebocoran intake manifold atau bisa juga karena busi aus. Atau bisa juga penggunaan oli yang tak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pabrikan.

# Perhatikan lampu indikator oli menyala yang tak disadari oleh pengguna mobil karena berasumsi penggantian oli telah dilakukan teratur. Indikator oli menyala ini kemungkinan saringan oli telah aus.

# Kondisi jalan yang menanjak seringkali mobil alami knocking yaitu sistem pembakaran diarea bakar pada suhu serta bahan bakar dengan kondisi percikan api yang tak stabil. Ini karena bahan bakar yang digunakan tidak sesuai dengan yang dianjurkan, mobil Avanza idealnya menegak bahan bakar dengan RON 90.

Mesin Yang Simpel
1. Perawatan mesin mobil avanza
Salah satu kekurangan dari mobil avanza adalah mesin yang sulit dihidupkan terutama pada pagi hari ataupun saat cauca sedang dingin. Tentunya dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap komponen seperti terminal aki yang perlu dibersihkan, mengendur ataupun mengalami penumpukan karat. Hal lainnya yang menyebabkan mesin sulit dihidupkan adalah seperti injektor bahan bakar, kompresi yang terlalu rendah, pengaturan desakan bahan bakar, serta jarak kepala pada sumbu busi terlalu renggang. Tegangan arus yang rendah ataupun aki yang habis. Karena mesin merupakan komponen penting yang berfungsi untuk menggerakkan kendaraan, tentunya akan menjadi masalah jika mesin mobil anda mengalami kendala seperti diatas. Untuk itu, cara-cara sederhana dibawah ini dapat anda lakukan untuk merawat mobil avanza anda.
Setidaknya panasi mesin kendaraan anda 10-15 menit sebelum anda menggunakannya. Hal ini untuk membuat oli mesin dapat bekerja secara maksimal hingga ke celah-celah terkecil.

2. Penggantian Oli Mesin,
Lakukan pergantian oli mesin secara teratur dan pastikan gunakan oli mesin yang berkualitas. Oli merupakan faktor terpenting yang akan mempengaruhi umur dari mesin mobil anda. Menggunakan oli yang berkualitas akan membantu memperpanjang mesin mobil anda.
Jangan lupa untuk membersihkan filter udara secara rutin karena bila anda jarang membersihkan maka akan ada gumpalan kotoran di saringan udara anda yang akan menyebabkan peforma mesin menjadi berkurang. Bila terdapat kooran yang ikut terhisap ke dalam mesin maka akan membuat mesin mobil anda menjadi cepat rusak.

Tambah Air Hujan
3. Perawatan aki (battery),
Aki adalah juga sangat penting karena aki merupakan komponen yang memiliki fungsi penting bagi kendaraan. Tentunya dengan tidak ada aki, mobil anda tidak akan dapat berjalan. Untuk merawat aki mobil anda hanya perlu membersihkan dan mengecek kondisi aki secara rutin. Lakukan perawatan secara rutin, setidaknya anda melakukan pengecekan rutin kadar massa jenis air yg di dalam aki (khusus aki basah), isi dengan air aki apabila isi volume air ketika kondisi air pada posisi level bawah, akan lebih bagus gunakan air hujan murni.
4. Radiator,
Bagian radiator juga perlu diperhatikan, karena radiator mobil berfungsi untuk mendinginkan mobil, periksa secara rutin air radiator agar menghindari resiko mesin mobil yang terlalu panas (overheating). Pada saat anda melakukan pengisian cairan pada radiator, sesuaikan volume diantara full dan low.

5. Pergantian komponen secara berkala
Gantilah komponen yang perlu mengalami pergantian secara berkala pada mobil avanza,
# Oli mesin (API SL) 10.6
# Timing belt tipe EJ-VE 95.60
# Saringan pada oli mesin
# Pendingin mesin atau coolant
# Sistem pengapian pada mesin kendaraan
# Oli transmisi manual
# Oli roda gigi differential
# Minyak rem mobil
# Saringan bahan bakar yang ada di dalam tangki

6. Membersihkan bagian eksterior.
Tentunya setiap mobil apapun perlu dilakukan pembersihan rutin pada bagian eksterior nya. Membersihkan bagian eksterior secara rutin dapat membuat kendaraan anda terlihat bersih dan menarik. Perawatan yang dilakukan cukup mudah, hanya perlu mencuci mobil secara rutin minimal sekali dalam seminggu, gunakan sabun mobil yang banyak di jual.
Perlu di perhatikan sebelum mencuci mobil adalah  pastikan kondisi mobil anda dalam keadaan yang dingin, hindari mencuci mobil dalam keadaan yang panas akan membuat timbulnya bercak-bercak yang pada saat selesai mencuci.

Daun Pandan Aroma Terapi
7. Kebersihan Interior,
Bagian dalam mobil (interior) juga perlu dibersihkan. Untuk membersihkan bagian dalam mobil, tentunya akan sangat susah jika anda tidak menggunakan alat. Anda dapat membersihkan interior mobil dengan menggunakan vacuum cleaner sehingga kotoran-kotoran yang letaknya di sudut atau dibagian yang susah dibersihkan dapat bersih dengan maksimal. Jika ada sisa-sisa debu yang masih menempel, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan kain lembut yang dicelupkan dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah itu barulah lap kering dengan menggunakan kain kering. Pastikan kondisi bagian dalam mobil anda benar-benar kering setelah dibersihkan agar komponen di bagain interior mobil tidak berjamur.
Setelah semua bersih, jangan lupa gunakan pengharum mobil yang tidak menggunakan bahan kimia, daun pandan dan biji kopi, daun pandan setiap 3 hari sekali di ganti.

8. Rotasi Roda Ban.
Lakukan rotasi roda/ban mobil dengan rutin setiap anda setelah menempuh jarak 50.000 km atau batas maksimalnya sekitar 80.000 km. Bila roda ban yang sudah aus dibiarkan terus menerus maka akan sangat membahayakan bagi pengemudi mobil. Lakukan pengecekan rutin pada volume angin, beri tekanan sesuai rekomendasi pabrik yaitu untuk Avanza tekanan anginnya adalah: roda ban depan 30 psi, sedangkan roda ban belakang 32 psi.
Demikian beberapa tips merawat mobil Avanza, semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment