Subscribe in a reader Tips Mencegah Kerak Karbon Pada Ujung Busi ~ Tips Merawat Mobil

Tips Mencegah Kerak Karbon Pada Ujung Busi

Pada Ujung Busi Harus Bersih
Busi Biasa

Pada Ujung Busi Harus Bersih

Fungsi busi adalah  mengubah tegangan tinggi yang mengalir dari koil menuju antara elektroda pusat & bawah yang menghasilkan percikan api antara 2 elektroda tersebut dan membakar campuran bahan bakar serta udara yang terkompresi di ruang bahan bakar.

Sangat vital buat mesin untuk s’part ini, dalam mobil apabila peran busi tidak baik akan pengapian kendaraan akan terganggu.
Konsep ini sedikit mirip dengan cara kerja korek api. Busi juga harus dapat bertahan di lingkungan kerja yang bersuhu dan bertekanan tinggi dengan beban kerja yang berat serta korosif.

Ada beberapa macam kondisi busi. Karena proses pembakaran yang terjadi atau penyebab lainnya, endapan kerak karbon atau kerak akan terkumpul pada bagian ujung busi, sehingga tegangan hanya melewati kerak tersebut tanpa menghasilkan percikan antara 2 elektroda.
Busi Iridium
Busi Iridium
Untuk mengatasi agar tidak terjadi penumpukkan karbon dan mobil tetap sehat, kendaraan dapat dijalankan dengan kecepatan kurang lebih 80-90 km/jam selama 10-15 menit, agar temperatur busi naik dan karbon atau kerak dapat melakukan self-cleaning (pembersihan).

Pengecekan kondisi busi sebaiknya setiap minimal 10.000 km atau 1 tahun sekali. Agar penumpukkan karbon tersebut tidak terjadi sebaiknya busi diganti dengan jenis  Iridium, busi jenis ini sudah di aplikasikan teknologi Thermo Edge Design.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment